Rabu, 18 Januari 2012
CARA MEMBUAT ENTRI BARU KE BLOGGER
DENGAN TAMPILAN YANG BARU.
Selamat sore sobat. Bagaimana kabarnya, mudah-mudahan baik selalu. Ok sobat terusin pembahasan yang kemarin yuk!
Kemarin
pembahasan kita sempat terputus karena lonceng telah memanggil, nah sekarang
saatnya kita lanjutkan kembali pelajaran yang kemarin sempat tertunda, yaitu
bagaimana caranya memposting atau membuat entri baru. Langsung aja deh,
daripada tar malah ngelantur kemana-mana. Siap sobat?
2.
Jika tampilan dasbor
sobat masih seperti ini
Maka klik “coba antar muka yang
diperbarui” yang berada di pojok kanan atas. Sehingga tampilannya menjadi
seperti ini.
3.
Klik icon
pensil berwarna orange untuk membuat entri baru. Sehingga akan tampil seperti
gambar berikut ini.
4.
Silahkan isi
judul posting sobat di kotak entri
5.
Untuk
mempermudah penulisan artikel, sebaiknya artikel ditulis terlebih dahulu di ms
word atau sebangsanya. Keuntungannya adalah;
ü Dalam peng-edit-an sobat akan lebih mudah, karena
kita sudah terbiasa mengoprasikan ms word.
ü Sobat akan lebih leluasa, karena pasilitas di word
lebih komplit daripada di blogger. Silahkan atur warna, jenis, posisi, size,
paragraph, dll *seperti pada pembukaan artikel ini,
ü Sedikit menghemat rekening internet sobat, heheee…..
karena dalam acara peng-edit-an sobat tidak perlu selalu online, bisa dilakukan
tapa connect ke internet.
6.
Setelah selesai
silahkan sobat save terlebih dahulu untuk dijadikan masternya. baru di copy
paste (copas) ke halaman blog yang sudah tersedia tadi. Jangan lupa posisinya
harus dalam posisi “compose” jangan “HTML” lihat di pojok kiri atas. cara ini
hanya berlaku untuk teks saja. Jika artikel sobat mengandung gambar video, dll,
maka harus di upload terlebih dahulu. Tidak bisa di copas dari ms word.
7.
Jika sobat
ingin menambahkan gambar, video, link dll. Silahkan gunakan icon-icon yang ada
di bawah “publikasikan”
8.
Setelah selesai
isi label posting sobat dengan meng-klik label yang ada di samping kanan. Isi sesuai dengan kategori artikel,
misalnya; puisi, cerpen, gambar, internet, agama dll. Lalu klik “selesai”
9.
Setelah
semuanya selesai, klik “pratinjau” yang ada di kanan atas. Fungsinya untuk
melihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan yang kita harapkan atau belum.
Kalau belum sesuai silahkan edit kembali.
10. Setelah yakin dan mantap artikel sobat sesuai
dengan apa yang sobat harapkan baru sobat klik “publikasikan”
11. Nah selesai deh postingnya. Untuk melihat hasilnya
silahkan arahkan mouse sobat pada judul yang akan dilihat, lalu klik “lihat”.
Gimana, gampangkan.
Selamat berkereasi. Dah dulu yah.
Dah malam ni. Untuk pertemuan yang akan datang, kita akan membahas bagaimana
caranya membuat table di enti kita. Fungsinya di antaranya adalah untuk merapihkan
gambar-gambar berjejer kesamping dsb.
Terimakasih.
Salam sukses.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar