Senin, 27 Februari 2012

ASSALAAMU’ALAIKUM wr.wb



Hallo teman-teman, semoga kalian semua sehat wal’afiat selalu yaAa..
Amieen…

Di blog ini, aku mau bagi-bagi ilmu nih tentang Otomotif. Tapi maaf sebelumnya, disini aku bukannya Sok ngajarin loe-loe semua dan aku juga bukan Sok ngguruin loe-loe semua. Disini kita sama-sama bagi ilmu atau belajar bersama.

PERMASALAHANNYA :

Kita pasti pernah ngalamin, kendaraan kita tiba-tiba mogok atau mati dijalan. Bagaimana cara ngatasinnya..?

CARANYA :

Pertama,  kita lihat isi bensin kita di dalam tankki. Masih ada nggak..? Nanti lupa ngisi lagi.

Kedua, kita liat nih busi kendaraan kita dengan cara. Buka busi pake kunci busi, lalu putar busi berlawanan arah jarum jam (putar ke kiri pelan2 ya). Lalu kita liat businya, jika busi warnanya hitam atau basah, maka bersihkan businya sampe mencling, terserah mau pake kain lap atau pake amplas. Kemudian jangan lupa celah businya juga di bersihin atas dan bawahnya (ingat harus searah ya dan jangan terlalu tekan, nanti elektrodanya habis lagi).

Sekarang urusan busi beres nih… Langkah selanjutnya.

Bersihkan ujung kabel tegangan tinggai yang berbentuk L dan dia ini bisa di lepas-pasang, kalo bahasa bengkelnya mah Cangklong Busi. Hehehe…

Kemudian, lubang businya kita tutup pake kain lap trus kita tahan pake jari-jari kita lalu kita Selah deh. Untuk apa..??

Untuk ngangkat kotoran atau air (jika kemasukan air) yang ada di dalam cylinder.

Kira-kira sudah bersih, jangan lupa disekitar lubang businya juga kita bersihkan.

Jika semua sudah beres, pasang lagi businya pake kunci busi. Lalu putar searah jarum jam (putar kekanan jika ingin mengencangkan secara perlahan-lahan). Tapi inget jangan terlalu kenceng, nanti Dol lagi drat / ulir lubang businya, kan jadi Rempong boOo…

Setelah itu jangan lupa beresin alat-alatnya, itung-itung belajar rapih dikit… Gak semua anak bengkel kotor-kotoran penuh Oli broo. Pasti ada GANTENG -nya juga Laaaaah. Hahahaha…

Susah suit-Susah suit…

SEKIAN DAN TERIMA KASIH
Catatan :

1.  Jika busi sudah tidak layak pakai, jalan satu-satunya adalah beli lagi yg baru.

Ciri-Ciri busi tak layak pakai :

-Insulator (kepala busi yg berbentuk lengkungan besi) menutup celah busi sehingga nempel pada elektroda busi.
-Periksa keausan Elektroda (dibawah insulator) pada busi, jika kekikis habis dikarenakan terlalu nekan bersihinnya.
-Periksa ulir busi, jika rusak maka harus diganti.

2.  Ingat, setiap jarak tempuh ±1000 km maka busi harus diganti teman-teman. Supaya tetap menjaga kondisi kelistrikan busi yang stabil alias biar gak mogok-mogokan trus.

0 komentar: