Sabtu, 12 Mei 2012

بِسم الله الرّ حمن الرّ حميم

Hai......teman-teman, Gimana nih kabarnya di sore ini ?.... mudah-mudahan healthy slalu, buat yang sakit kita do’akan bersama moga pat sembuh dan bisa beraktifitas kembali. Ok...!

          Ok..’ teman, setiap sesuatu baik itu benda mati atau hidup pasti ada sejarahnya, kenapa benda itu di ciptakan ato buat apa benda itu di ciptakan Und/dan (bahasa jerman)  pasti ada penciptanyaa.

          Begitu juga dengan Salah satu benda ini, benda ini sebenarnya dah di kenal sejak duuuluuu, benda ini yang mungkin kita kenal sekarang adalah dengan benda yang bernama “Computer”

Ka’... ka’... terus gimana nih sejarahnya “Computer” kan katanya setiap benda itu ada sejarahnya. Ka’ kasih tau donG sejarah nya .............>

Ok teman kali ini kaka akan sharing tentang “perkembangan Computer”._

*                   PERKEMBANGAN KOMPUTER
Gagasan tentang komputer sebagai alat hitung mulai muncul  pertama kali pada tahun 1822, ketika seorang ahli matematika bangsa nggris yaitu Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang di sebut “ Difference engine”. Mesin tersebut di pakai untuk mengitng tabel-tabel matematika.

Kemudian, pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini di namakan “analycal engine”. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali dikenal sebagai generasi purpose dikital computer.

Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer zaman sekarang karena prinsip  kerja dari kedua mesin itu merupajkan dasar kerja dari komputer sekarang, termasuk di dalamnya peralatan input, memori komputer, stored program dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini, Charles Babbage di anggap sebagai “Bapak komputer modern”.

Setelah meninggalnya Charles Babbage, tidak ada kemajuan yagn penting dan berarti yang perlu di cacat. Kemudian pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang melakukan operasiaritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian, dengan dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944, tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer yang baru di beri nama “Harvard Mark 1 Automatik Sequence-Controlled Calculator (ASCC)”. Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dai apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Komputer Harvard Mark 1 ini,  jika di bandingkan dengan komputer sekarang tentu mempunyai perbedaan yang ada sangat menyolok, terutama dalam hal kecepatan.

Sejak pertama kali terciptanya kompuer sampai dengan sekarang, kita dapat mengelompokannya ke dalam 5 generasi.  Pembagian generasi komputer adalah sebagi berikut:

1.     Komputer generasi pertama (1946-1950)

Ø Ciri-ciri komputer generasi pertama Adalah :
·        Program yang di buat hanya dengan bahasa mesin
·        Mengunakan konsep stored program
·        Komponen yang di perlukan untuk rangkaiannya adalah tabung hampa udara
·        Prosesnya kurang cepat dancepat panas, sehingga slalu memerlukan alat pendingin
·        Ukuran fisiknya besar sehingga memerlukan daya lstrik yang besar
·        Data dapat di simpan pada magnetik tape dan magnetik disk
Contoh: IBM 701 di buat tahun 1953, merupakankomputer komersialberukuran besar, IBM 705 di buat tahun 1959, yang di gunakan dalam industri.


2.     .Koputer generasi ke dua  (1959-1965)

Ø Ciri-ciri komputer generasi ke dua antara lain:
v Program yang di gunakan menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti> FORTAN, COBOL, BASIC, ALGOL dlslb.
v Kapasitas memori utama cukup besar
v Komponen yang di gunakan untuk rangkaiannya adalah transistor
v Menggunakan magnetik tape dan megnetik disk yang berbentuk removable disk atau pack
v Mempunnyai kemampuan proses real-time time sharing
v Proses operasinya cepat
v Ukurannya lebih kecil dan membutuhkan lebih sedikit daya listrik
v Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik

Contoh> PDP-5, kemudian PDP-8 di buat tahun 1963, merupakan komputer mini komersial yang pertama, komputer IBM 707,IBM 1400, NCR300 danseb.

3.     Komputer generasi ke tiga (1965-1970)

Ø Ciri-ciri komputer generasi ke tiga adalah sbb:
ü Komponen yang di pakai adalah IC (Integrated Circuits) yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrarted circuits
ü Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat
ü Kapasitas komputer lebih besar dari generasi sebelumnya
ü Ukuran fisik lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih HEMMMMMMMAtz
ü Menggunakan disk magnetik yang sifatnya Random Access
ü Dapat melakukan multiprocessing dan multiprograming
ü Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan Visual display terminal
ü Dapat melakukan komunikasi data dari komputer dengan komputer lainnya.

>Contoh> IBM S/30, NOVA, CDC3000, PDP 11, danseb.


4.     Komputer generasi ke Empat (sejak tahun 1970)

Sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua pengembangan penting :
§  Penggunaan LSI ( Large Scale Integration) yang di sebut sebagi “Bipolar Large Scale Integration”
§  Penggunaan mikroprosesor dan semi konduktor yang berbentuk Chip untuk memori komputer

>contoh> IBM370, Itel 4004 microprocessor, yang di kembangkan pertama kali oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip microprocessor, pada tahun 1971.  Personal komputer berkembang sejak tahun 1977misalnya Apple 11 Computer, Desk-top Computer (komputer di atas meja ) oleh “Xerox Corp”.) Pada tahun 1981, komputer ini di kembangkan dan keluar sebagai komputer yang pertama menggunakan mouse.

5.  Komputer generasi ke lima

Komputer generasi kelima kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang di pakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration) dan dan sekarang sedang di kembangkan Josephson Function, yang mungkin akan menggantikan chip. Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah negara “Jepang”.

          Ok. Teman –teman itulah sekilas tentang perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Dan sungguh menakjubkan bagaimana perkembangannya ternyata ilmu yang di miliki oleh manusia begitu luar biasa, ya..., pasti ini semua karena sang pencipta kita yang tlah menmberi kita ilmu pengetahuan_^_^
         
Danke schön dah baca moga manfa’at.

By :Azmin

0 komentar: